Selamat Datang di Website Resmi Pemerintahan Desa Belilik Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah

 

Bupati Bangka Tengah Raih Penghargaan

Administrator 30 Januari 2018 16:26:42 Berita Lokal

JAKARTA - Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman berkomitmen memajukan dan mendukung para petani lada di wilayahnya. Upayanya mengangkat petani lada, membuat Erzaldi mendapat penghargaan "Tokoh Lada Babel” yang diberikan oleh Forum Komunikasi Petani Lada Bangka Belitung. Rencananya penghargaan akan diberikan pada 4 Agustus 2016.

Erzaldi merasa terhormat dapat penghargaan. Apalagi penghargaan itu diberikan oleh forum petani. "Saya sejak awal menjabat sebagai Bupati Bangka Tengah, memang sudah berkomitmen mengangkat harkat petani lada di Babel," kata Erzaldi, dalam siaran persnya yang di terima di Jakarta, Rabu (3/8/2016).

Komitmen itu kemudian dikonkretkan dengan berbagai program agar kesejahteraan petani lada di Babel bisa kembali seperti dulu. Dimana sejarah mencatat, sebelum Perang Dunia II, Babel adalah pemasok 86 persen kebutuhan lada dunia. "Karena itu kejayaan harus dikembalikan," katanya.

Dirinya pun terus menyambangi para petani lada yang dilakukan dengan intensif. "Saya ingin mengetahui langsung perkembangannya," ujarnya.

 

Kata Erzaldi, kualitas lada Bangka nomor wahid. Bahkan bisa dikatakan lada dari 'Pulau Laskar Pelangi' itu salah satu yang terbaik di dunia. Karena itu, dirinya merasa terpanggil mendukung langsung para petani lada Bangka. "Ada berbagai masalah yang dihadapi para petani lada," ujarnya.

Ia pun coba mengurai satu persatu masalah yang melilit para petani lada. Dan, satu persatu masalah kini sudah ada solusinya. Salah satunya, ia menggandeng Badan Tenaga Nuklir National (BATAN).

 

Dan kerjasama dengan BATAN pun membuahkan hasil berupa Vaksin Penyakit Kuning. Melalui vaksin tersebut, penyakit kuning lada yang selama bertahun-tahun tidak dapat diatasi, akhirnya bisa diatasi. "Kini para petani lada di Babel bisa tersenyum lebar karena hasilnya dapat berkembang dengan baik," kata Erzaldi.

Menurut Erzaldi, hal itu adalah salah satu ikhtiarnya untuk terus membuat semangat petani lada di Babel menyala. Dan, itu pula cara dia untuk menggenjot produksi lada. Penyuluhan, dan pendampingan intensif kepada para petani lada juga dilakukan secara simultan.

Ia pun tak segan mengirimkan para petani lada belajar langsung ke negara yang produksi ladanya baik, seperti Vietnam. Sudah beberapa petani yang dikirimkan ke Vietnam untuk belajar langsung ke sana. "Pendidikan tentang pertanian lada sangat penting. Saya merasa perlu memberikan beasiswa bagi para petani lada di Bangka untuk belajar langsung ke negara yang memiliki pertanian lada yang baik, seperti Vietnam," katanya.

Ketua Forum Komunikasi Petani Lada, Haji Duk, mengatakan kontribusi Erzaldi memajukan petani lada sangat nyata. Para petani, merasakan hasilnya. Karena itu, organisasi yang dipimpinnya merasa perlu memberikan penghargaan bagi Erzaldi.

"Beliau adalah sosok pemimpin yang pantas menyandang gelar tokoh lada Babel yang berpengaruh," tandasya.

Angkasa Yudhistira, Jurnalis · Rabu 03 Agustus 2016, 20:21 WIB

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Facebook

Lokasi Kantor Desa

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung